Beranda Music News Indonesia Music Perjalanan Sembuh dari Tuli, Pamungkas: Musik yang Memilih Saya

Perjalanan Sembuh dari Tuli, Pamungkas: Musik yang Memilih Saya

nadanadi.com

Nadanadi.com – Kenal dengan Pamungkas? Bagaimana tidak, penyanyi ini merupakan salah satu yang menyita perhatian publik atas karya-karya yang ia ciptakan. Pamungkas benar-benar memiliki selera yang bagus dalam bermusik. Sepertinya ia memang sudah ditakdirkan untuk berjodoh dengan musik. Namun, kesuksesan yang ia peroleh saat ini merupakan buah hasil dari segala rintangan dan hambatan yang telah ia lalui.

Usus Pendek dan Gangguan Pendengaran Pamungkas

nadanadi.com

Pemilik nama lengkap Rizky Pamungkas ini harus menerima kenyataan karena ia dilahirkan dengan usus yang pendek sehingga mengharuskannya untuk melakukan cangkok usus. Selama masa penyembuhan, Pamungkas selalu menerima asupan makan melalui selang infus. Hal ini membuat banyak tekanan dalam hidupnya dan menyebabkan telinganya mengalami gangguan. Telinga kanan mengalami setengah tuli, sementara telinga kiri tuli total.

Melihat keadaan sang anak, orang tua Pamungkas merahasiakan hal tersebut dan kemudian mengirim Pamungkas untuk mengikuti les alat musik drum saat ia berusia 8 tahun dengan tujuan agar telinganya bisa pulih karena suara instrumen yang kencang.

“Saat itu gue merasa, gue nggak pernah memilih musik, tapi musik yang memilih gue,”

Benar saja, secara tidak langsung, instrument musik membantu kepekaan serta pemulihan telinga Pamungkas. Telinga kanan yang awalnya setengah tuli menjadi sembuh total, sedangkan telinga kiri menjadi setengah tuli. Hingga saat ini, Pamungkas mengakui bahwa alat pendengarannya telah berfungsi dengan baik.

“Gue baru tahu soal ini waktu umur 18 tahun di 2011. Waktu itu main di Ambon Jazz. Setelah setengah jam turun dari pesawat, dengung di telinga sebelah kiri tidak hilang. Dokter bilang ada sesuatu yang menyumbat telinga pecah karena tekanan udara,” tuturnya.

“Baru tau kalau ternyata ada konspirasi dari hidup gue selama ini. Sejak Ambon Jazz itu, telinga gue normal sampai hari ini. Tapi justru ada masalah bagi gue karena jadi terlalu sensitif. Sedianya telinga tuli dan tiba-tiba bisa dengar segalanya.”

Pamungkas tak pernah mengalami kesulitan saat memainkan alat musik. Bahkan ia sudah terjun loangsung ke dalam studio dan berperan sebagai produser bersama Hari Budiman yang pernah menjadi produser band Element.

Baca juga: Hindia dan Rara Sekar Haturkan Ketenangan Lewat Lagu Baru “Membasuh”

Memulai Segalanya dari Bawah

nadanadi.com

Perjalanan tersebut tidak mudah karena ia juga pernah merasakan semuanya dari bawah. Mulai dari membuat kopi, disuruh membelikan rokok, menggulung kabel, hingga menjadi operator rekaman. Posisi itu membawanya terus merangkak naik dengan mengisi gitar untuk rekaman, menjadi co-produser dan akhirnya menjadi seorang produser.

“Selama itu, gue enggak tau kalau tuli. Waktu kecil musik jadi cita-cita, mau manggung di mana. Dewasa dikit pengin rekaman, bikin album dan bikin lagu yang bagus. Sampai akhirnya, musik menjadi sebuah media,” jelas Pamungkas.

Walk The Talk” yang dirilis pada 2018 lalu menjadi album debut Pamungkas di dunia musik. Dapat dikatakan bahwa perjalanan karir seorang Pamungkas berjalan dengan perlahan namun pasti. Sejak 2012 lalu, ia telah menulis lagu seperti “I Love You But I’m Letting Go”, “We’ll Carry On” dan “Bambina”. Sementara itu, di tahun 2014, Pamungkas menulis karya lainnya yang ia beri judul “Bottle Me Your Tears”.

Pamungkas mengerjakan album debutnya dengan sungguh-sungguh bahkan sampai mengurung diri di kamar selama tiga bulan. Terdapat 16 lagu dalam “Walk The Talk” yang ditulis dalam bahasa Inggris. Lirik lagu yang ditulis oleh Pamungkas terkesan begitu dalam. Pamungkas mengaku mendapatkan banyak inspirasi dari The Beatles, Bob Dylan, Chet Baker dan Float. Setidaknya, lagu “I Love You But I’m Letting Go”, “One Only”, dan “Sorry” berhasil mencuri hati banyak orang dan menjadi hit di Indonesia.

Image source:

www.mldspot.com

www.mldspot.com

www.mldspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles

Album Mulai Rampung, Sehun dan Chanyeol EXO Siap Comeback

Sumber : Pinterest Duo dari Sub-Unit EXO Sehun dan Chanyeol atau yang biasa dikenal sebagai EXO-SC dikabarkan tengah...

Setelah Comeback Single, ITZY Siap Rilis Album Baru Akhir Juli 2020

Sumber : MTV.com Comeback Single dari ITZY telah meramaikan awal tahun 2020 yang dikagetkan dengan potongan rambut baru...

Lirik Lagu ‘Stuck With U’ Ariana Grande & Justin Bieber, Lengkap Terjemahan

Nadanadi.com - Lirik Lagu 'Stuck With U' Ariana Grande & Justin Bieber, Lengkap Terjemahan

Lirik Lagu Sour Candy Dan Terjemahan Lady Gaga, Blackpink

Nadanadi.com - Lirik Lagu Sour Candy Dan Terjemahan Lady Gaga, Blackpink Sour candy, yeah,...