Beranda Music News International Music Fotografer Asal Prancis Klaim Adegan Dalam Video Musik Blood Sweat & Tears...

Fotografer Asal Prancis Klaim Adegan Dalam Video Musik Blood Sweat & Tears BTS Tiru Karya Miliknya

  nadanadi.com 

Nadanadi.com – Seorang fotografer sekaligus penulis asal Prancis, Bernard Faucon, membuat klaim bahwa adegan perjamuan yang terdapat dalam video musik BTS, Blood Sweat & Tears yang telah dirilis sejak 2016 diambil dari salah satu karya fotonya. Pakaian yang dikenakan oleh manekin serta latar belakangnya dinilai Faucon mirip dengan hasil karyanya. Faucon kemudian mengirim dokumen yang berisi klaim atas hal tersebut kepada agensi manajemen yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment pada Agustus dan Oktober 2018.

Klaim atas Video, Foto, dan Judul

nadanadi.com

Dokumen tersebut berisi klaim atas foto le banquet yang pernah ia ambil pada 1970-an menjadi referensi untuk pembuatan film adegan perjamuan dalam video musik Blood Sweat & Tears. Video ini menampilkan para anggota BTS yang mengenakan pakaian formal dan makan malam dengan dikelilingi oleh api yang menelan bukit. Sejak dirilis, video musik official Blood Sweat & Tears telah ditonton sebanyak lebih dari 400 juta kali di YouTube.

Tak hanya salah satu adegan perjamuan di video musik saja, dilansir dari Yonhap, fotografer asal Prancis tersebut juga mengklaim bahwa buku foto album milik BTS bertajuk “Young Forever” yang dirilis pada Mei 2016 juga mengambil gambar dari karya-karya miliknya yang lain. Ia mengatakan bahwa sudah jelas ia membawa koleksi foto ‘Summer Holiday’ ke tempat pemotretan dan merujuknya saat mengambil foto tersebut. Selain itu, judul untuk album BTS juga diinspirasi oleh proyek garapannya pada 1997-2005.

Sementara, Faucon menambahkan bahwa dirinya belum berpikir untuk melanjutkan masalah ini ke jalur hukum. Faucon beserta timnya meminta BTS untuk mengakui bahwa mereka mengambil inspirasi dari karya-karya milik Faucon.

Bukan Pelanggaran Hak Cipta

nadanadi.com

Faucon mengaku bahwa dirinya tidak pernah berpikir bahkan sedetik pun untuk mengambil tindakan hukum terhadap pihak BTS. Sedangkan, agensi yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment menanggapi klaim tersebut dengan mengatakan bahwa foto serta video musik BTS bukan merupakan pelanggaran hak cipta. Selain itu, Big Hit Entertainment juga meminta agar pihak Faucon tidak lagi mempermasalahkan hal tersebut.

Lagipula, Big Hit Entertainment memang benar mendapatkan sebuah klaim dari sebuah galeri, namun, pihaknya menyatakan bahwa klaim tersebut tidak valid. Mereka telah menolak klaim atas adegan dalam video musik Blood Sweat & Tears, foto album, serta judul lagu BTS tersebut. Kedua pihak pun telah bertukar sertifikat dan Bernard Faucon telah meminta maaf dan kompensasi.

Image source:

https://www.billboard.com/

https://www.njus.me/

https://www.thejakartapost.com/

Ita Yunitahttp://nadanadi.com
I'm in love with 'Sad Songs'

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles

Logo Slank “Cinta Damai” Muncul di MV Idol K-Pop

Nadanadi.com - Slank yang merupakan grup band rock kebanggaan Tanah Air ini membuat heboh netizen lantaran muncul pada salah satu musik video idol Korea Selatan. Pamor...

6 Fakta Pertunangan Ariana Grande dan Dalton Gomez

Nadanadi.com - Ariana Grande menghebohkan netizen dengan postingan terbarunya bersama sang tunangan, Dalton Gomez. Tepatnya Senin, 21 Desember 2020 kemarin, solois asal Florida, Amerika Serikat tersebut...

Ed Sheeran Comeback, Siapkan Hadiah Natal Untuk Penggemar

Nadanadi.com  - Ed Sheeran sempat membuat penggemar menunggu karena cuti dari dunia musik selama 18 bulan. Namun, kali ini ia kembali dan bersiap menghadiahkan sebuah...

Jesy Nelson Hengkang dari Little Mix, Ini Alasannya

Nadanadi.com - Kabar mengejutkan datang dari salah satu anggota Little Mix, Jesy Nelson yang memutuskan untuk hengkang dari girl group tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh...