Beranda Music News International Music Disebut KPI Melanggar Norma, Lembaga Sensor Film Tegaskan Iklan Shopee Black Pink...

Disebut KPI Melanggar Norma, Lembaga Sensor Film Tegaskan Iklan Shopee Black Pink Tidak Melanggar Norma Kesopanan

Nadanadi.com – Lembaga Sensor Film (LSF) telah memberikan pernyataan resmi mereka mengenai iklan Shopee yang dibintangi oleh Black Pink yang belakangan ini banyak dibicarakan dan menjadi kontroversi. Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah memberikan surat peringatan terhadap 11 stasiun televisi. Namun, LSF mengatakan bahwa iklan Shopee tersebut sudah dinyatakan lulus sensor.

Sekedar informasi bagi Anda yang belum tahu mengenai LSF, Lembaga Sensor Film (LSF) merupakan lembaga resmi pemerintah yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang tentang perfilman. Ketua LSF, Ahmad Yani, mengatakan bahwa LSF bertugas untuk menyensor film dan iklan berdasarkan kaidah yang ada. Untuk iklan Shopee sendiri LSF sudah menyatakan bahwa iklan tersebut pantas untuk usia 13 tahun.

KPI menyebutkan bahwa iklan Shopee yang dibintangi oleh Black Pink telah melanggar norma kesopanan. Namun, menurut pihak LSF justru sebaliknya, iklan tersebut sudah lulus sensor dan tidak melanggar norma kesopanan. Terlepas dari itu, pihak LSF juga tidak bisa ikut campur atas keputusan KPI yang ingin menghentikan penayangan iklan tersebut.

Ditanya seputar perihal tersebut, Ahmad Yani selaku Ketua LSF kembali menegaskan bahwa iklan tersebut tidak merusak kaidah dan telah lulus sensor berdasarkan UU No.33 tahun 2009 tentang Perfilman dan Peraturan Pemerintah No.18 tahun 2014 tentang Sensor Film.

Menurut KPI, jam tayang iklan tersebut tidak tepat. Mengenai hal ini, pihak LSF mengaku tidak memiliki tanggung jawab untuk menentukan kapan stasiun televisi harus menayangkan iklan tersebut. Pihak LSF pun tidak memiliki hak untuk berkomentar.

Ketua LSF juga menyebutkan bahwa perihal tentang waktu penayangan iklan tersebut sudah menjadi tanggung jawab. Selain itu, hal tersebut juga domain KPI. Sementara, untuk pihak Shopee sendiri mengatakan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan semua pihak yang mengatur waktu penayangan iklan tersebut agar lebih tepat kepada pengguna serta calon penggunanya. Hal itu dilakukan pihak Shopee untuk merespon masukan yang dialamatkan kepadanya.

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, juga mengungkapkan bahwa iklan tersebut akan digantikan dengan promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale pada 11 Desember 2018. Hal tersebut telah sesuai dengan lini waktu yang sudah diagendakan sebelumnya oleh pihak Shopee. Iklan pengganti iklan Shopee yang dibintangi oleh Black Pink  ini ditayangkan karena semakin dekatnya dengan puncak ulang tahun Shopee yang jatuh pada 12 Desember sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Image source :
1. http://www.tribunnews.com/
2. http://setkab.go.id/
3. https://tirto.id/

Latest articles

Album Mulai Rampung, Sehun dan Chanyeol EXO Siap Comeback

Sumber : Pinterest Duo dari Sub-Unit EXO Sehun dan Chanyeol atau yang biasa dikenal sebagai EXO-SC dikabarkan tengah...

Setelah Comeback Single, ITZY Siap Rilis Album Baru Akhir Juli 2020

Sumber : MTV.com Comeback Single dari ITZY telah meramaikan awal tahun 2020 yang dikagetkan dengan potongan rambut baru...

Lirik Lagu ‘Stuck With U’ Ariana Grande & Justin Bieber, Lengkap Terjemahan

Nadanadi.com - Lirik Lagu 'Stuck With U' Ariana Grande & Justin Bieber, Lengkap Terjemahan

Lirik Lagu Sour Candy Dan Terjemahan Lady Gaga, Blackpink

Nadanadi.com - Lirik Lagu Sour Candy Dan Terjemahan Lady Gaga, Blackpink Sour candy, yeah,...