Beranda Music News International Music Bakar Semangat Perempuan di Industri Musik, St. Vincent Gemakan Kesetaraan

Bakar Semangat Perempuan di Industri Musik, St. Vincent Gemakan Kesetaraan

nadanadi.com

Nadanadi.com – Annie Clark yang memiliki nama panggung St. Vincent ikut mengguncang panggung Grammy Awards 2019 berkat penampilannya bersama Dua Lipa. Akhir pekan lalu, Grammy Awards 2019 telah sukses diselenggarakan di Staples Center, Los Angeles.

Sesaat setelah tampil, Dua Lipa keluar sebagai pemenang dengan membawa pulang piala Grammy sebagai Best New Artist. Dua Lipa menyampaikan dalam pidatonya bahwa tahun ini para perempuan telah melangkah maju.

Kalimat yang dilontarkan Dua Lipa tersebut seperti jawaban untul Neil Portnom selaku Presiden Recording Academy yang mengatakan bahwa perempuan harus melangkah maju bila ingin menjadi bagian dari industri.

Pernyataan yang dilontarkan tahun lalu tersebut sempat mengundang komentar dan menerima banyak kecaman dari para aktivis dan praktisi musik perembuan. Kenapa? Sebab, perempuan yang berkecimpung di dunia musik sudah banyak memulai langkahnya sejak lama, hanya saja industri yang masih dianggap belum setara.

Portnow menambahkan bahwa kalimat tersebut juga berhasil menjawab tagar yang sempat ramai pada penyelenggaraan Grammy Awards tahun lalu. Tagar #GrammySoMale memang sempat berkembang tahun lalu karena sangat minimnya prosentase pemenang perempuan dibandingkan dengan pemenang laki-laki pada 2018.

Kesetaraan Dalam Industri Musik

nadanadi.com

Setelah acara penghargaan Grammy selesai dilangsungkan, Annie Clark mengatakan bahwa Dua Lipa sangat keren dengan mengatakan hal tersebut. Clark menambahkan bahwa ia merasa senang karena Dua Lipa merujuk pada pernyataan arogan yang tidak sensitif.

Penyanyi yang merupakan lulusan Berklee College of Music ini juga mengungkapkan bahwa kesempatan adalah hal yang dibutuhkan oleh perempuan untuk membuat industri musik menjadi setara. Ia menambahkan bahwa perempuan harus duduk di meja, atau mereka akan menjadi santapan.

Clark percaya bahwa perempuan mampu untuk melakukan apa yang bisa dilakukan oleh laki-laki di bidang musik. Kata-katanya tersebut bukan hanya isapan jempol belaka, ia membuktikannya dengan menggarap album bertajuk “Masseduction” yang melibatkan pelaku musik perempuan dalam pembuatannya.

Gelombang Kesetaraan Mulai Bergerak

nadanadi.com

Lagu “Masseduction” berhasil mengantarkan Annie Clark ke atas panggung untuk menerima piala Grammy dalam kategori Best Rock Song. Saat pidatonya, ia menyebutkan nama Laura Sink yang merupakan teknisi dari lagu tersebut. Clark menyebutnya sebagai perempuan yang tangguh.

Penyanyi yang berkolaborasi dengan David Bryne pada tahun 2012 ini juga berharap akan ada lebih banyak perempuan yang memperkerjakan sesama perempuan sehingga kesempatan untuk mendapat kesetaraan lebih banyak. Ia menilai bahwa saat ini, baik tempat maupun partisipasi untuk perempuan di industri musik belum sebanyak laki-laki.

Melihat banyak orang yang berkecimpung dalam bisnis musik saat ini mulai membuka mata mengenai kesetaraan yang diharapkan. St. Vincent pun melihat hal tersebut dengan optimis. Ia mengatakan bahwa dirinya bisa melihat gelombangnya mulai bergerak. Penyanyi kelahiran 1982 ini juga menegaskan bahwa kesetaraan untuk semua bukan berarti ‘merugikan orang ini atau orang itu’ hal tersebut murni berarti kesetaraan.

 

Image source:

https://www.thecurrent.org/

https://www.billboard.com/

http://diymag.com/

Ita Yunitahttp://nadanadi.com
I'm in love with 'Sad Songs'

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles

Logo Slank “Cinta Damai” Muncul di MV Idol K-Pop

Nadanadi.com - Slank yang merupakan grup band rock kebanggaan Tanah Air ini membuat heboh netizen lantaran muncul pada salah satu musik video idol Korea Selatan. Pamor...

6 Fakta Pertunangan Ariana Grande dan Dalton Gomez

Nadanadi.com - Ariana Grande menghebohkan netizen dengan postingan terbarunya bersama sang tunangan, Dalton Gomez. Tepatnya Senin, 21 Desember 2020 kemarin, solois asal Florida, Amerika Serikat tersebut...

Ed Sheeran Comeback, Siapkan Hadiah Natal Untuk Penggemar

Nadanadi.com  - Ed Sheeran sempat membuat penggemar menunggu karena cuti dari dunia musik selama 18 bulan. Namun, kali ini ia kembali dan bersiap menghadiahkan sebuah...

Jesy Nelson Hengkang dari Little Mix, Ini Alasannya

Nadanadi.com - Kabar mengejutkan datang dari salah satu anggota Little Mix, Jesy Nelson yang memutuskan untuk hengkang dari girl group tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh...